Arti sebuah kritik

on Selasa, 31 Januari 2012 by Nurydtha's Site
 - No Comments


Sebaiknya kita tidak usah takut jika kita mendapat kritikan dari orang lain. Secara manusia yang normal, kita semua pernah melakukan kesalahan. Ingat, tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Jadi, jika kita mendapatkan sebuah kritik, hal itu merupakan hal yang wajar dan biasa aja. Justru dengan adanya kritik, kita bisa jadi makin bisa menginstrospeksi diri agar menjadi lebih baik. Dengan bisa menerima kritik, tidak cuma mereka yang mengharapkan kita jadi lebih baik, tapi juga sangat bermanfaat bagi kita. Jadi jangan keburu naik darah jika kita menerima kritikan pedas.
            Menurut salah satu teori, ada beberapa bagian atau langkah-langkah penting yang bisa dilakukan buat menanggapi sebuah kritik:
1)      Mendengar
Di manapun manusia berada, pasti ia tidak suka kalau dikritik. Banyak dari mereka yang mengelak bahkan diam tanpa memberikan tanggapan. Boleh saja kita menolak, tapi setidaknya buka telinga kita dan dengarkan, karena setiap kritikan itu pasti ada pesan penting. Untuk itu ambil positifnya aja dari setiap kritikan yang ditujukan pada kita.
2)      Memahami
Pahami secara objektif. Benar atau tidak apa yang mereka ucapkan tentang diri kita. Jangan terlalu menuruti emosi, karena akan memperpanjang masalah dan perasaan kita yang akan jadi tambah kesal.
3)      Terima Kasih
Satu hal sederhana yang mungkin dilupakan jika kita sudah terlanjur emosi adalah kata  terima kasih. Tunjukkan bahwa kita adalah makhluk yang berhati besar, selain itu bisa membuat hati kita menjadi lebih tenteram.


Leave a Reply

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Foto Saya
Nurydtha's Site
Lihat profil lengkapku

Pengikut

© Nurydtha's zone. Converted by Smashing Blogger for LiteThemes.com.
CyberChimps